Konsep Dasar Seni Rupa di Sekolah Dasar

PENDIDIKAN SENI DI SEKOLAH

 

A. Dasar Konseptual Pendidikan Seni

Pendidikan seni di sekolah secara konseptual didasarkan pada sifat seni dalam pendidikan, peranan pendidikan seni dalam pembentukan pribadi siswa, peranan pendidikan seni untuk mengembangkan potensi dalam berkesenian dan ruang lingkup materi seni yang diajarkannya. Dasar konseptual tersebut dapat dijelaskan berikut ini.

Pertama, Sifat Seni dalam bidang pendidikan yaitu: multilingual, multidimensional dan multikultur. Multilingual berarti seni bertujuan mengembangkan kemampuan mengekspresikan diri melalui bahasa rupa, bunyi, gerak dan perpaduannya. Multidimensional berarti seni berperan untuk mengembangkan kompetensi dasar siswa yang mencakup: persepsi, pengetahuan, pemahaman, analisa, evaluasi, apresiasi dan produktivitas dengan memadukan unsur logika, etika serta estetika. Multikultur berarti seni bertujuan menumbuh kembangkan kesadaran dan kemampuan berapresiasi terhadap keragaman budaya lokal dan global sebagai pembentukan sikap menghargai, toleransi, demokratis, beradab dan hidup rukun dalam masyarakat yang berbudaya majemuk. Selengkapnya